Tuesday, June 23, 2015

Suka Duka Kuliah Jurusan Hukum Part 1

Hi nama aku Meru aku sih baru aja lulus kuliah jurusan hukum dan Alhamdulillah nilai ujian skripsi saya A jadi sebuah kebanggan bisa mengerjakan skripsi sendiri ditengah banyaknya mahasiswa-mahasiswi jurusan hukum yang mencari jalan instan untuk menyelesaikan skripsi dengan cara membeli melalui dosen pembimbing atau menggunakan media jasa layanan pembuat skripsi yang berteberan di internet. 
Ok ..aku akan sharing pengalaman aku kuliah jurusan hukum dan semoga pengalaman ini bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan sebelum teman-teman memutuskan untuk memilih jurusan hukum, Ok cekidot bocoran-bocoran suka duka kuliah jurusan Hukum :) 
  1. Pastikan kamu suka pelajaran yang berhubungan dengan kewarganegaraan kalau kamu tidak suka mendingan lhu pilih jurusan lain :) 
  2. Make sure kamu punya kemampuan dasar berbicara dan persentasi karena banyak sekali materi pelajaran yang menutut kita melakukan persentasi dan berbicara di depan kelas, baik itu argumentasi, pertanyaan dan juga diskusi-diskusi tentang permasalahan hukum yang lagi trend. 
  3. Kemampuan berbicara dan persentasi bisa dilatih dengan rajin latihan dengan teman-teman atau latihan sendiri di depan cermin dan juga pastikan kamu rajin membaca buku-buku yang berhubungan dengan materi pelajaran tersebut karena jangan sampai kamu ngelantur di depan kelas nanti di lempar kursi sama teman-teman lainya ha ha ha ha#becanda.
  4. Persiapkan diri untuk mencintai segala sesuatu yang berbau hukum karena hampir semua materi pelajaran adalah bahasanya Hukum hanya disemester 1 dan 2 kalau tidak salan sudah lupa :) ada materi kuliah dasar seperti Bahasa Indonesia, Agama dan Bahasa Inggris di semester 3 sisanya semuanya H U K U M .
  5. Wajib punya KUHP Sama KUHAP, KUHper dan KUHAper Karena itu Kitab Pamungkas Anak Hukum kalau tidak punya itu harus dipertanyakan keabsahan anda kuliah jurusan Hukum ha ha ha ha :) 
  6. Pastikan juga punya banyak literatur buku Hukum yang lain bisa pinjam di perpus atau kalau lhu ada duit setidaknya lhu belilah bukunya. Karena tidak afdol lhu kuliah tapi tidak beli buku.. Kayak lhu mau perang tapi ngk bawa senjata yaa jatuhnya lhu langsung mati wkwkwkwkwkwk.
  7. Kalau bisa masuk organisasi di kampus biar melatih kepercayaan diri dan masuk organisasi itu banyak nilai plusnya asalkan jangan kebanyakan demo dan melupakan pelajaran ..(Banyak nih teman gue begini Organisasi jadi proritas melupakan kewajiban sebagai mahasiswa dan kalau protes paling keras tapi tidak sadar kalau dia juga korupsi terhadap diri sendiri wkwkwkwkwk) 
  8. Jangan Pilih pilih teman usahakan dekat dengan Kating biar tidak ketinggalan pelajaran karena hanya kating yang akan diberi info oleh dosen mengenai ini, itu jadi pastikan dekat-dekat dengan kating kalian :).
  9. Jangan biasakan titip absen ya, Anak Hukum itu harus belajar dari hal yang kecil untuk menerapkan ilmu Hukum yang di perolehnya:)
  10. Biasakan diri buat mengerjakan tugas atau apapun itu dengan kemampuna sendiri jangan nyontek dan biasakan Copy Paste dari Internet kalaupun Copy make sure kalian sudah menyadurnya.. Belajar lah mendisiplinkan diri dari sejak dini karena kalau tidak disiplin gue rasa susah buat berkembang :)
Sampai di sini dulu ya tips-tipsnya gue udah capek mau bobo manis :) 
See you on Part 2 :) Part 2 Klik Disini


VERSI VIDEO 👉VERSI VIDEO DI YOUTUBE

"Meru Law" 


" Anak Hukum Jangan Biasakan Copy Paste tapi berusaha berpikir out the box :) 
"Salam Juara"

128 comments:

  1. Aku boleh tanya gk? Mengenai hukum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh ..insya Allah kalau bisa saya jawab ..maaf baru balas baru selesai Ujian PKPA :)

      Delete
    2. Kak boleh infonya gaa, apa aja yg harus dipersiapin dan dipelajarin untuk masuk jurusan hukum, aku sekarang jurusan IPS dan tahun depan insyaallah udah lulus.. Boleh sharing kk, apaa aja yg perlu jadi pegangan untuk test?

      Delete
  2. duhhh deg degkan bakal jadi calon anak hukum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan khawatir semangat pasti bisa kuncinya rajin membaca saja dan bertanya..good luck ...di tinggu ceritanya

      Delete
  3. Susah gak ya kuliah jurusan hukum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fiona ..saya rasa sih tidak malah menyenangkan... yan g palig penting rajin membaca dan banyak bertanya kalau bisa masuk organisasi biar wawasan dan kemampuan handling people jauh lebih baik ..Good luck

      Delete
  4. Satu satunya murid diangkatan aku yang pengen jadi anak jurusan hukum padahal cuma punya kemampuan speaking dan nilai tertulis masi jauh dari kata sempurna,apa aku punya kesempatan bisa masuk dijurusan hukum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget kamu ngk usah khawatir yang penting mau belajar, banyak bertanya dan jangan lupa masuk organisasi tapi jangan kebanyakan orasi ya harus balance antara organisasi dan belajarnya ....kamu pasti bisa saya aja yg dulunya cupu bisa kok.

      Delete
  5. gmana dengan yang mempunyai nilai kewarganegaraannya jauh dari kata sempurna kak ? jadi ragu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah kan bisa di pelajarin :) tapi minimal kamu suka pelajaran yg berkaitan dengan hal itu karena memang HUKUM seperti itu :) semangat pasti bisa :)

      Delete
  6. kak, sy suka pkn sih tapi males hapal jdi nilai2nya jauh dr sempurna.. sya bisa didlm presentasi tpi hplnnya kak sulit.. lagian udah kls 2 smester 2.. msih sempat gk ya bljrnya.. trus kak sy nilai rapot naik turun kyk lembah dan bukit jdi sy udah gak ykin dengan jlur undangan hukum.. kira2 kalo sbmptn hukum test nya ada ttg hukum gk ya kk atau ttg kewarganegaraan? mksh kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tiffany sebelumnya makasih sudah mampir di blok aku.. jujur Kakak lulus jurusan hukum tidak pernah disuruh menghafal perundang-undangan karena terlalu banyak dan kalau kita hafal kita bisa gila ha ha ha ha jadi biasanya yg berhubungan aja atau permasalahan umum aja yg mesti kita tau tidak perlu di hafal perlu pengulangan saja semakin sering di bahas pasti jadinya hafal. Kakak kemarin masuknya di kampus swasta jadi ujianya sih ngk ada yang berhubungan dengan hukum materinya ya hanya bahasa indo, matematika, inggris dan pengetahuan umum serta psikotes gitu ... Kalau mau dapat jalur undangan sih memang nilai rapornya harus bagus tapi kalau sudah semester 2 sudah rapornya begitu ya mau tidak mau cari jaln lain ..banyak cara masuk jurusan HUKUM bisa pilih swasta atau negeri ikut yg lokal saja ..atau sbnptn yang biasanya dan pilih beberapa fakultas hukum yang bagus di list universitasnya. Semangat ya sampai ketemu di Dunia Hukum .. belajar HUKUM itu menyenangkan paternya sudah ada kita tinggal ngikutin aja sambil update informasi yang lagi in :) Good Luck Tiffany

      Delete
  7. mau tanya ni, saya kan juga hukum tp saya masih sulit buat berbicara dengan org saat presentasi di tanya teman" melalui kasus" yg skrg terjadi, itu cara bicara yg baik biar bisa menjawab bagaimana? karna saya cenderung diam di kelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ludy makasih sebelumnya sudah mampir ke blog aku ... Perluas wawasan Ludy dengan banyak membaca literatur dan meteri yang berhubungan dengan pelajaranya terus hilangkan rasa malu dan takut salah emank pertama kali ketika kita mencoba berbicara atau bertanya kita akan merasa grogi bahkan gemetaran ..jangan khawatir itu hanya bagian dari proses untuk menjadi lebih percaya diri ..itu wajar kok terus coba dan miliki keberanian untuk selalu membuka mulut baik hanya untuk bertanya atau mengemukakan pendapat.. Good luckkk Coba aja jangan takut salah karena kita belajar dari kesalahan :) Good luck ya

      Delete
  8. ka,aku udah kelas 3 SMA dan pengen banget masuk jurusan hukum tapi denger2 dari orang2 katanya kalo ambil hukum lapangan kerjanya dikit trus kalo jdi pengacara itu pekerjaan dosa lah,makan uang haram lah,makanya skarang aku jdi 50/50 nih mau ambil jurusan hukum,padahal udah niat banget dari dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Moon coba deh baca terus di bagian part 3 dari tulisan ini, Moon pasti bisa dapat referensi yg lebih banyak peluang kerja setelah jadi sarjana Hukum, ha ha ha ha Haram kalau jadi makelar kasus atau emank niatnya mau jelek melalui dunia hukum,, Pengacara itu dibayar oleh klien, dan kita bisa memilih klien yg mana yg ingin kita tangani kalau tidak sesuai dengan nurani, kapasitas ilmu kita bisa menolak perkaranya dan menunjukkan rekan yg lebih bisa,,, disetiap pekerjaan itu pasti ada bagian gelapnya sama halnya saya katakan anda jadi PNS uangnya haram atau gajinya haram kalau anda tidak disiplin masuk kerja ogah2an dan juga malas...Keep your dream alive Moon.

      Delete
  9. Halo kak, mau tanya. Saya ingin kuliah jurusan hukum, saya juga punya pertibangan memilih alternatif jurusan seperti Ilmu Politik / Ilmu pemerintahan karena menurut saya ketiga jurusan tersebut mirip-mirip.
    apakah pandangan saya itu benar atau salah? Mereka beda di apa ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Kak mau tanya lagi, maaf ya banyak tanya hehehe....

    Yang kakak bales komentar diatas-atas itukan bilang "tidak pernah disuruh menghafal perundang-undangan" apakah itu berlaku di setiap jurusan hukum di seluruh Universitas? atau hanya di universitas kakak aja, hehehe?

    kali aja kakak tau wkwkwk
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya hanya memberikan masukan sesuai dengan pengalaman saya jadi bisa jadi itu tidak berlaku diseluruh Indonesia karena setiap universitas swasta punya aturan yg berbeda tetapi kalau disuruh hafal perundang2an itu bisa mati kita banyak sekali .. kalau hafal yang umum mungkin iya tapi kalau disuruh hafal semuanya itu mustahil ... karena banyak sekali Kuhap dan kuhaper aja ratusan belum lagi PP, PERPU, PERDA, AHH banyak deh mumet kalau mau di hafal satu2 nanti Penuh rumah sakit jiwa ha ha ha ha ha....

      Delete
  11. Halo ka saya mau nanya, kan saya lulus dapat tiket daftar snmptn, saya dari dulu mau mau masuk hukum, alasannya karena saya suka dengan argumen dan debat serta cari solusinya. Tapi ayah saya ga mengizinkan saya untuk ngambil hukum, katanya susah cari kerjanya apalagi perempuan. Jadi gimana baiknya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Githa coba baca part 3 dari tulisan ini ... Banyak kok teman2 saya yang sudah dapat kerja dan tawaran bahkan blm lulus kuliah jadi balik lagi ke Githa maunya gimana.. perempuan itu malah bagus kalau di dunia hukum cepat dapat kerja dan kalau ngambil professi keren banget .,,.. jangan lupa viist versi video ya artikel ini

      Delete
  12. kak aku mau tnya, sbnrn aku pngem bngt masuk jrsn hukum krna jujur aku suka si debat gtu apalgi tntng hukum" gtu 😄, tpi nilai pkn saya nda cukup bagus kak standar aja . apalgi saya skrng sklh ambil jurusan teknik permesinan. ap bisa masuk jurusan hukum ??
    dan saya prnh tnya sama kka2 kuliah, tpi jwban mereka "yakin ambil hukum, kuat nda kmu?" mksdnya apa kak ? apa susah ya pelajarnua ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mimi Kalau Masih semester awal lebih baik sih biar tidak ketinggalan banyak materi kuliah.... semuanya itu bisa di pelajarin kalau Mimi emank suka hukum pasti gampang lah ... pelajaranya ngk susah kok malah menyenangkan asalkan rajin membaca itu sudah cukup.. jangan lupa visit youtube page aku ya..dan liat yg versi Video dari artikel ini ..

      Delete
  13. Saya benar-benar bingung. pada detik ini saya sedang cari2 informasi tentang fakultas hukum karena saat ini saya lagi niat ngisi formulir snm, saat kelas 2 saya udah punya niat yg kuat masuk hukum tapi semakin ke sini saya jadi bimbang kak. saya ini orangnya pemalu, jarang bisa mengemukakan pendapat secara lantang. kalau maju didepan kelas ujung2nya nge blank apalagi kalau masih murid baru. saya jadi bimbang ambil hukum kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Margaretha kalau sudah niat itu harus diteruskan biasanya niat itu datangnya dari hati dan lubuk hati yg dalam itu tidak pernah bohong so follow your heart ..... masalah Malu ngk usah di pikirin ..Buang jauh2 rasa Malu .. Malu itu untuk hal2 yang negatif tapi kalau untuk hal2 yang positif jangan deh apalagi masalah masa depan mmmmm rasa Malu seperti itu bukan tempatnya.. banyak membaca,perluas wawasan, banyak latihan, kakak rasa pasti Margaretha juga bisa..saya dulu sering banget ngeblank tapi lama2 hilang kok itu karena belum terbiasa aja.. semangat ya ....

      Delete
  14. Kak di hukum ada pelajaran matematika nya ga ka? Terus saat buat skrip hukum susah banget ga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Angelina maaf ya baru sempat balas,, di Hukum tidak ada sama sekali mata kuliah yang berbau matematika dan skripsi ya tentunya susah tapi kalau kamu rajin belajar dan banyak membaca pasti bisalah ngerjakan..jangan lupa check versi video di youtube ,,makasih sudah mampir

      Delete
  15. kak gimana pendapat kakak aq SMA jurusan ipa trus kuliah mau ngambil jurusan hukum gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Widia maaf baru sempat balas .. tidak masalah background smanya masuk hukum bisaa aja semuanya.. jangan lupa visit youtube saya :) Makassih sudah Mampit

      Delete
  16. bagus bagt kak , makin suka sama hukum di indonesia
    Myblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fetty makasih atas support komen positinya jangan lupa mampir ke Youtube Page saya juga :)

      Delete
  17. anak hukum keliatan keren-keren ya:"))
    eh mampir blogku yaa http://student.blog.dinus.ac.id/dhyanaranp/2017/03/13/mencintai-apa-adanya/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksih atas komen positifnya Dhyanara jangan lupa mampir di youtube saya juga.. ok sip nanti saya cek blognya

      Delete
  18. Hai kak, mau tanya ni..
    Dulu waktu aku kelas 10 aku suka bgt pelajaran pkn. Soalnya gurunya cantik, asik, enak lagi kalau ngajar. Jadi aku berfikir kalau nanti aku kuliah, aku mau ambil jurusan hukum. Dan sekarang aku klas 11,guru pknnya udah ganti. Nggak asik kayak dulu lagi kak, jadi aku males belajar ttg hukum sekaran,dan aku bimbang apa aku masih akan tetap masuk jurusan hukum nanti kalau kuliah?
    Oh ya kak, mau tanya satu lagi nggak papa ya.. Aku suka pelajaran pkn, tapi aku nggak suka nonton berita. Gimanah tuh kak? Kalau nggak suka nonton berita pengen masuk fakultas hukum, apa nggak papa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Intan Sari makasih banyak sudah mampir di blog saya.. dulu saya juga ngk suka PKN bukan karena gurunya jelek emank dasarnya saya ngk suka sama pelajaran itu kemudian saya masuk Hukum tambah parah harus berhubungan dengan politik yang notabene yang saya tidak suka tapi sambil berjalan saya pikir ini sesuatu yang baru yg saya pelajari dan berusaha semaksimal mungkin memberikan yg terbaik yg saya bisa untuk mengikuti pelajaranya, emank ngk gampang pertamanya tapi lama kelamaan akan terbiasa dan akhirnya saya Lulus FH dengan nilai skripsi A jadi semua itu dasarnya cara berpikir aja sih.. berita itu penting buat update aja tapi yg berhubungan dengan hukum kalau ngk suka nonton kan bisa baca dari koran atau online media :) semangat percaya aja sama kata hati pasti itu yg terbaik :) Jangan lupa mampir di Youtube saya

      Delete
    2. Thanks kak sebelumnya buat infonya..
      Kan kata kakak, dasarnya harus suka dulu,biar mudah buat pelajarin tentang hukum.
      Aku nggak suka liat berita, soalnya menurut aku tvnya jadi crewet kak. Hehehehe

      Delete
    3. kan bisa baca berita lewat koran atau lainya selalu ada cara kan?
      iya kalau tidak suka harus menemukan cara bagaimana untuk suka :) good luck ya

      Delete
  19. kak mau nanya,aku mau ambil hukum tapi kelas karyawan karna sambil kerja. nah kirakira bakalan kuat ga ya kalo kerja terus kuliahnya ambil hukum sedangkan kerjanya aja senin-sabtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sih time management aja kalau bisa ngatur waktunya saya rasa bisa aja ngerjakan tugas2 dan lainya karena banyak angkatan saya beda kelas, saya kelas pagi mereka kelas malam buktinya lulus juga jadi balik lagi ke kamunya bisa apa ngk mengatur waktunya .akan sedikit ekstra tapi kalau sudah niat biasanya lebih mudah..tetap semangat dan teruskan :)
      jangan lupa visit page youtube saya ,,Makasih sebelumnya

      Delete
  20. kak aku mau tanya dong aku kan mau ambil jurusan hukum rencananya tapi keluarga aku tanya ambil hukum perdata atau pidana?? memang kalau pilih jurusan hukum nntinya kita harus pilih lagi gak kak ke hukum perdata / pidana atau gimana yah kak?? aku bingung jadinya hehe...

    thanks kak.

    ReplyDelete
  21. Ka mau nanya, jujur saya di SMA dlm presentasi oke bhkan smngat, dlm hal ngmong dpan klas oke, bhkan dlu SMA ane sring dprcayakan ketua presentasi dan pembuat powerpoint presentasi.. Nah masalahnya, saya gak lolos sbm dlm jurusan yg saya inginkan, dan skrng saya disarankan orang tua msuk hukum, saat itu, saya gk kepikiran masuk hukum.. Sampai saat ini saya hnya meyakinkan diri masuk ilmu hukum... Ilmu hukum itu gmna ya kak spya saya membawa mindset "enjoy".. Bagusnya Setelah membaca kalimat, " tidak menghafal perundang"an" membuat saya naik keyakinan juga ..

    #TerimaKasih seblumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... saya juga disuruh masuk hukum. Tapi saya ragu2 karena saya anaknya tidak terlalu bisa debat soalnya saya sendiri ya agak diam...

      Delete
    2. Aku keinginan diri sendiri sih masuk hukum. Tapi masih ragu.

      Delete
    3. Hallo Farris Maaf baru sempat balas.. iya betul sekali di hukum itu ngk perlu hafal pasal2 karena pasalnya kan banyak cukup rajin membaca aja .. bagaimana biar enjoy di hukum ya .. menurut saya Hukum itu kan ilmunya pasti jadi ngk terlalu perlu di explore seperti kalau misalnya kuliah jurusan seni yang notabene harus jago kreatifitas terus ngk perlu ngitung2 juga karena ngk ada math dan anggota2nya di sana.. ya jadi aku bilang kuliah hukum itu harus meleknya di membaca situasi dan kondisi yang terjadi sekarang kemudian di petakan serta di hubungkan dengan hukum.. nantinya ilmu hukum yang diperoleh applikasi lansgungnya ke masyarakat yang notabene masih buta hukum .. Saya ngk mau memberi kesan mudah dan juga sulit tapi percaya sama saya Hukum itu menyenangkan karena apa yang kita pelajari adalah ilmu yang pada dasarnya terjadi di kehidupan masyarakat sehari2 tanpa disadari ataupun sadar itu terjadi .. jangan lupa main2 di youtube channel saya banyak hal2 yang berguna buat Farris yang mau kuliah di jurusan Hukum.
      linkya di sini
      https://www.youtube.com/watch?v=dmbCTbcaNz0

      Delete
  22. Hai kak, tahun ini aku kuliah, ingin masuk jurusan hukum tapi takut passion nya bukan di hukum, walaupun suka bicara aku kurang suka menghafal pasal😅 aku lagi bingung bingungnya pilih jurusan kak, soalnya ya kakak aku bilang kalo hukum bakal susah cari kerja dan om aku bilang banyak dari jurusan hukum yg nganggur😂 aku udah baca part 3 nya kok kak, jhihi sebelum kesasar di blog kakak, aku nyasar di blog tetangga dan nyaranin jangan ambil jurusan hukum padahal dia sendiri jurusan hukum dan nganggur:3 nyasar di blog kakak makin bingung lah aku:3 minta saran atas kebingungan aku kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Gita kalau memang passionya bukan di Hukum coba cari yang lain mungkin Komunikasi atau bahasa he he he... by the way selama saya kuliah saya tidak pernah di suruh sama dosen saya untuk menghafal pasal2 :) karena banyak sekali bisa gila kalau harus hafal semua... Saya ngambil contoh dari diri saya aja ya saya belum lulus hukum aja sudah di tawarin kerja di beberapa perusahaan, jadi tingkatin kualitas diri jangan jago di hukum aja kalau bisa jago basic komputer dan bahasa inggris biar punya nilai tambah. Mungkin kalau di Jawa ya banyak yg nganggur coba deh cek peluang kerja di luar jawa kayak Kalimantan atau sumatra jurusan hukum pasti cepat dapat kerja ..rata2 teman2 angkatan saya sudah pada kerja semua sih dan banyak yg belum lulus sudah pada kerja semua jadi depend on Province kali.. karena kan di jawa tau sendiri lapangan kerja sedikit terus yang daftar banyak sekali makanya kebanyakan yg ngaggur,,, sudah baca kan bagian ke 3 dari artikel ini aku rasa Gita pasyi punya gambaran lah mau jadi apa nanti di masa depan .. selamat mengambil keputusan.. dengarkan kata hati aja.. kalau terlalu banyak masukan juga nanti Gita ngk ngapa2in ha ha ha Peace :)

      Delete
    2. Nahhh masalahnya aku gatauu passionnya apaa:v emang dari kelas 2 Sma sihh aku pingin masuk hukum kak:3 aku pingin masuk dan belajar sistem hukum indonesia kek gimana:) aku ingin masuk aja gituh kak. Ingin tau seperti apaaa:) kmaren sempet ke pikir masuk marketing communications kak takut takut kalo di hukum banyak ngafalin pasal:) ternyata ga di suruh ngapalin pasal wkwk tapiii sayangnya ga ada jurusan itu di kampus yg mau aku masukin skarang :D berani keluar pulau berarti yaaaa buat kerja kak:3 aku udah dapet gambaran kok kak terimakasih sudah ngeblog yaaa.tapiii kakak benerrr terlalu banyak masukan ujungujungnya makin bingung dan ga ngapa ngapain😂😂

      Delete
    3. Nah itu namanya Passion kalau sudah dari sejak SMA tertarik sama yang namanya hukum..saya bukan passion di hukum saya passionya memasak tapi saya mau belajar karena hukum itu penting sekali menurut saya.. Iya aku rasa zaman sekarang itu harus berani keluar sarang biar lebih banyak dapat rezeki ha ha ha.. makasih juga sudah mampir dan coret2 di blog saya ..maaf kalau telat2 balasnya... Intinya mantapkan aja pilih salah satu mana yang terbaik menurut Gita dan lagian Gita kan yang akan menjalaninya daripada dengerin banyak masukan tapi nanti Gitanya ngk enjoy kalau ngejalaninya ... Saya hanya membantu memberikan gambaran secara Umum dalam menentukan masa depan selebihnya balik lagi ke masing2.. Semangat ha ha ha

      Delete
    4. Kenapa kakak ga ambil kelas memasak kak? Dulu kakak sempet bingung juga ga kak waktu mau kuliah? Soalnya ini aku bener bener bingung kuliah gimana😂 hahaha berani keluar dari zona aman ya kak😂 btw kakak luar jawa ? Wkwk iyaa kak iya dan skarang malah makin coret2 ya:) wkwk makasiihhh kakaaaakkk soalnya kan kalo ragu juga ga ada faedahnya wkwk. Jangan terlalu mikirin prospek kerja lah yaa kuliah aja dulu, rejeki ga kemana😂 aku kita jadi notaris ga harus s2 loh kak:3

      Delete
    5. Hallo Gita.. Sebenarnya sebelum ambil hukum saya sudah lulus D3 Food and Beverage di GSP Internasional sempat kerja juga jadi Chef di Singapura, sempat masuk Master Chef Indonesia Juga cuma pada satu titik memutuskan untuk banting jurusan dan beralih ke hukum .. tapi pada dasarnya saya memang suka belajar hal2 yang baru ,, bagi saya menantang dan menyenangkan . Saya berasal dari Kalimantan Timur tapi dulu kuliah di Jogja .. Iya betul sekali jalanin aja apa yang ada di depan kita sekarang ..yg paling penting do the best biar hasilnya juga the best ,, ha ha ha,,Betul sekali untuk jadi NOtaris harus ambil S2 Notaris aku sih menyarankan kalau Gita masuk notaris aja .. Menurut aku Cewek itu cocok banget jadi Notaris :)

      Delete
  23. kak aku udah diterima di jurusan hukum PTN, presentasi dan ngomong nggak jelek-jelek amat, standar aja lah, emang nggak sebagus yang lain sih. gimana ya kak? aku takut nggak cocok misalnya yang lain bagus-bagus banget dan aku nggak bisa ngejar. makasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Hani .. Sebelumnya selamat ya sudah di terima di Jurusan Hukum .. tidak usah khawatir masalah itu ,, Hani hanya perlu berpikir positif aja dan terus menggasah kemampuan diri seperti banyak membaca, banyak latihan berbicara terutama kemampuan persentasi dan lain2nya .. kalau misalnya Hani termasuk tipe pemalu mulai sekarang harus berubah , cari komunitas di kampus atau masuk organisasi biar rasa malunya berkurang dan juga biar lebih Pede tapi jangan juga terlalu over di organisasi intinya balance lah ya.. saya sering bilang di Hukum itu intinya banyak membaca dan menganalisa kemudian berani mengutarakan ide dan wawasan yang ada yang kita peroleh tadi dari membaca.. so tidak usah khawatir di nikmati aja prosesnya... keep spirit ...

      Delete
  24. Ka aku bingung Tahun ini aku kuliah Di jurusan Ilmu Hukum , Sebelumnya aku Manajement di karna kan didesak Orang tua dan kakaa" saya semua pengacara saya di rekomen Mengambil Fakultas Hukum ka ,Apakah Di jurusan Ilmu Hukhn Harus Jadi Pangacara ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Unknown .. sebenarnya tidak semuanya harus jadi Pengacara banyak profesi lain kok ..coba di cek di bagian ke 3 artikel ini pasti bisa tau profesi yg bisa dilakukan oleh kamu yang sudah lulus jurusan hukum.. good luck .jangan lupa main2 di youtube saya .

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Pooja maaf saya baru sempat balas karena saya lagi mempersiapkan jawaban bua pertanyaan Pooja berupa Video dan saya masih memprosesnya mungkin besok saya posting tapi Pooja Sudah menghapus pertanyaanya .. Bisa klik aja Youtube saya nanti jawabanya saya post di sana ..Maaf lumayan busy juga aktifitas harian ini ..

      Delete
    2. https://www.youtube.com/watch?v=kDlCeAwZBT0&feature=youtu.be

      Delete
  27. mau nanya, jadi aku baru lulus SMK tahun ini jurusan akomodasi perhotelan. tapi tiba2 baru kebayang pgn kuliah hukum gitu trs pgn jadi notaris hehe, pas kls 1 smk suka plajaran pkn karna emg gurunya enak ngajarnya. nah karna aku bukan lulusan SMA bagaimana ya caranya biar bisa masuk kuliah hukum, trs ambil hukum yg mana ya? makasih smoga dijawab

    ReplyDelete
  28. mau nanya, jadi aku baru lulus SMK tahun ini jurusan akomodasi perhotelan. tapi tiba2 baru kebayang pgn kuliah hukum gitu trs pgn jadi notaris hehe, pas kls 1 smk suka plajaran pkn karna emg gurunya enak ngajarnya. nah karna aku bukan lulusan SMA bagaimana ya caranya biar bisa masuk kuliah hukum, trs ambil hukum yg mana ya? makasih smoga dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud pertanyaan Mutmainah adalah apakah bisa masuk jurusan hukum ? atau ngambil jurusam ilmu hukum ?
      sebenarnya tidak masalah apakah lulusan sma atau smk semua bisa masuk ke Fakultas Hukum..saya aja Lulusan SMK Jurusan Akuntansi kemudian masuk Ke Fakultas Hukum ... jangan lupa main2 ke youtube Saya

      Delete
  29. Kaka, bagaimana jika saya tidak memiliki skill pinter ngomong , tp saya lebih suka ke hafalan ? Apa saya cocok untuk masuk dijurusan hukum ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. skill berbicara bisa dipelajari dan dengan kemampuan kamu hafalan sangat membantu karena untuk berbicara yang baik setidaknya kita harus hafal beberapa bagian dari inti pembicaraan yang kita kemukakaan,, aku rasa itu nilai lebihnya bisa hafal undang2 walaupun pada dasarnya tidak diwajibkan hafal semua undang2 tetapi dengan menghafal beberapa pasal2 yg umum akan jauh lebih baik.. good luck jangan lupa main2 ke Youtube page saya

      Delete
  30. kak, recommended buku KUH, KUHAP, KUHper dan KUHAper yg bagus yg Mana bingung mau beli banyak bgt soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli sembarang aja karena sampai sekarang belum ada yang berubah isinya tipsnya beli yang ukuranya kecil aja biar mudah di bawa karena kalau besar susah bawanya.

      Delete
  31. ka, kalo saya disuruh ambil hukum tapi saya tuh suka gabisa mengemukakan pendapat baiknya gimana ya? apa di jurusan hukum itu lebih banyak sidangnya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo DSK kalau masalah mengemukakan pendapat aku rasa itu karena masih merasa malu atau takut salah nah untuk meningkatkan rasa pede setidaknya punya pengetahuan yang luas dan juga baik terhadap apa yang akan di kemukakan sehingga rasa malu dan kurang pede itu bisa di manimalisasi..coba aja tidak usah malu dan takut salah kita kan lagi proses belajar itu biasa saja ... ok .. kalau jurusan hukum itu ada mata kuliah praktek persidangan tapi biasanya itu di semester akhir kebanyakan kalau semester awal itu banyaknya materi aja jadi tidak usah khawatir :) ..ok good lcuk jangan lupa main2 di youtube saya ...Semoga harinya menyenangkan ..

      Delete
  32. Kak,aku mau tanya aku maba hukum baru masuk tahun ini dan aku khawatir karena katanya dihukum banyak banget anak" yang bersikap kritis berlebihan.aku termasuk anak yang ga suka banyak omong,pertanyaannya orang yang kaya aku bisa enggk kak sukses dihukum dengan kemampuan yang enggk terlalu brisik/sok"an dalam bersikap kritis?
    Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Daniel emank pada dasarnya anak hukum itu harus kritis terhadap permasalahan yang lagi in dan juga lingkungan di sekitar.. kalau memang punya grup atau teman yang kritisnya kelewatan jangan di ladeni bairkan aja ,, cari teman atau kelompok yang sesuai minat Daniel jadi lebih nyaman ... ,, tidak semua profesi yang di hukum itu memerlukan sifat kritis /sok2an malah sifat seperti itu seperti pisau bermata dua kalau tidak digunakan sebaik2nya malah kita yang cedera.. saya juga tidak kritis2 banget tapi alhamdulillah sejauh ini semuanya lancar2 aja dan sudah lumayan lah menanggani klien ... penentu kesuksesaan itu 90 menurut saya Sikap.. sikap menentukan segalanya selebihnya itu praktikal aja gampang di pelajarin tapi kalau sikap itu susah,,, sikap itu meliputi pembawaan diri, tingkat kesopanan, mau belajar, tidak egois, mau bekerja sama dan bersunguh2 serta tidka mudah menyerah karena berkarir di dunia hukum itu tidak gampang harus punya mental yang kuat...istilah kerenya Fighter... Ok Daniel good luck ya dengan kuliahnya.. jangan lupa main2 di youtube saya.. Semoga harinya menyenangkan

      Delete
  33. Kak , saya mau nanya , saya udah keterima ni di jurusan hukum unjani dan udah mau saya ambil dan sekarang lagi searching gitu buat cari tau positif negatifnya jurusan hukum atau suka dukanya , nah saya tuh anaknya paling agak malu kalo berbicara depan kelas ka , dan saya juga ga pinter pinter banget berbicara tentang politik , kritis , debat/argumen , gimana tanggapannya ka ? Saya tanya seperti ini agar saya tidak ragu untuk ambil jurusannya dan mempersiapkan diri untuk melangkah ke jenjang hukum , satu lagi ka , kalo bedanya perdata , pidana , dan notaris apa ka ? Dan kalo misalnya saya ambil perdata apa saya juga harus mempelajari pidana dan notaris seperti itu ?


    Makasih ka ,
    salam bandung

    NICE BLOGING MAKE ME INTERESTING TO ASK:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Athoriq sebelumnya selamat ya .. Emank untuk jurusan hukum itu perlu keberanian untuk melakukan argumen atau sekedar menyampaikan pendapat tapi banyak yang malu termasuk Athoriq .. kalau tanggapan saya .. mulai dari sekarang jangan malu2 atau takut miliki keberanian untuk bertanya, atau setidaknya mengutarakan pendapat karena pada dasarnya mulai dari hal2 begitu akan melatih kamu menjadi lebih percaya diri.. tidak usah takut salah atau di Boo sama teman2 itu ambil saja sebagai bagian dari proses pembelajaran dan melatih mental. pesan saya banyak membaca, belajar berbicara di depan cermin dan juga banyak latihan persentasi buat kelompok2 kecil dan mulai dari sana latihan biar kemampuanya lebih terasa.... saya juga ngk suka politik tetapi dunia hukum itu bersentuhan dengan politik karena hukum itu luas jadi tetap harus membuka diri sekedar mengikuti perkembangan dan informasi update aja... Perdata itu lebih ke arah hubungan antara orang pribadi dengan yang lain atau dengan badan hukum masalahnya biasanya perjanjian, oneprestasi, pernikahan, waris, ketenagakerjaan, kalau Pidana itu yang berurusan dengan kriminal dan perbuatan2 yang mencederai atau merugikan orang lain yang mengakibatkan luka fisik atau kematian. kalau pengertian seperti di buku tidak saya jelaskan karena nanti juga Athoriq bisa baca ya.. Notaris itu beda lagi untuk jadi Notaris harus lulus s1 kemudian ambil s2 notaris nanti notaris itu kerjaanya membuat akta dan perjanjian.
      biasanya sebelum konsentrasi kita belajar semuanya .. kecuali sudah konsentrasi baisanya fokus dikonsentrasi tadi.. notaris ngk dipelajari di s1 itu harus kuliah s2 notaris baru bisa...
      jangan lupa main2 di youtube dan subscribe
      makasih

      Delete
  34. kak boleh tanya? aku kan anaknya susah bgt ngomong di depan banyak org , kira kira aku bisa g yha ambil jurusan hukum? aku udh dr smp kepengen bgt msuk hukum. tlg di jawab ya kak aku sbntr lg lulus dan hrus pilih fakultas. tlg bgt ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Nadia ... boleh banget ... masalah tidak bisa ngomong pastinya ngk bis aambil jurusan hukum kan susah bisu .. ngk bisa ngomong wkwkwkwkwkwk (Kakak Becanda) bukan ngk bisa ngomong tetapi belum berlatih dan terbiasa berbicara di depan banyak orang.. itu bisa dipelajarin kok banyak tipsnya di youtube atau di google bahkan di video kaka do youtube juga ada tipsnya... intinya praktek belajar ngomongnya biar bagus .. kalau ngk bisa ngomong nanti kan kuliah jurusan hukum bisa ambil notaris jangan ambil pengacara :)
      semoga bisa membantu

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. saya lulusan smk 2013 lalu,sebenernya dr semenjak lulus sekolah saya mau kuliah kelas karyawan,tapi saya bingung mau ambil jurusan apa wkwkwk
    tahun demi tahun berlalu akhirnya keingininan kuliah itu cuma angan2 saja,singkat cerita pada saat itu di thn 2016 saya kerja sbg mesengger di sebuah kantor hukum,sempet terlintas di pikiran saya "pengen kuliah jurusan hukum" karena saya kerja di kantor hukum hehe. dan alhamdulilah baru terealisasikan tahun 2017 ini pengen kuliah jurusan hukum setelah mencari berbagai informasi & artikel tentang hukum di berbagai media termasuk di blog ini & baca berbagai komentar dari temen2 yg lainnya hehehe
    thanks kak informasinya berguna banget sebagai motivasi saya kuliah ambil jurusan hukum :)
    btw saya baru daftar kemarin ambil semester genap & mulai kuliah awal maret 2018 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren pengalamanya.. good luck ya dengan kuliah hukumnya jangan lupa main2 dan subscribe di channel youtube saya Mhister Lawyer ..

      Delete
  37. saya bingung deh kak, saya lulusan smk jurusan akuntansi tahun ini baru lulus, dari kelas 1smk udah dipantengin sama guru etikaprofesi buat ambil jurusan publicrelations (kalo nanti kuliah), tapi sekarang kan saya kerja dulu ya kak, nah saya kerja dikantor notaris, insyallah tahun depan mau kuliah, nah saya bimbang lagi karena dari pihak kantor saya kalo bisa ambil jurusan hukum, gimana ya kak solusinya? disatu sisi mau aja ambil hukum, tapi hati ada di pr, mau coba hukum tapi takut:( gimana ya kak?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Nance yang lagi bingung he he he .. gini deh aku kasih basic nya dulu biar Nance bisa mengambil keputusan yang tepat. Kalau memang jiwanya aishh atau pationya di PR dan merasa nyaman nantinya di sana dan bisa melakukan yg terbaik serta prospek kedepanya bagus ya kenapa tidak .. Terus Nance kan sekarang kerja di notaris at least sudah tau bagaimana masa depan berkarir di dunia hukum dan juga sudah ada pengalamanya jadi tinggal di arahkan aja .. Terkadang kita harus melawan apa yg kita mau demi masa depan yg lebih baik atau simplenya kakak bilang kalau dunia hukum lebih menjaniikan daripada PR kenapa ngk ambil hukum tapi kalau mau ngikutin pation ya PR aja biar merasa nyaman melakukanya.
      Semoga bisa bermanfaat

      Delete
  38. Salam kak... Saya mahasiswa Fakultas Hukum Unhas.. tahun depan udah mau ambil semester 2.. Kira2 buku pegangannya itu seperti apa? Dan begini kak saya sering jenuh dan merasa tidak tertarik dengan dengan prodi saya... tapi kadang saya juga punya semangat yang menggebu2 terhdap prodi saya... Saya minta saran dan solusinya kak biar tidak jenuh dengan matkul yang ada..

    ReplyDelete
  39. Kalau buku peganggan sih banyak ya tapi kalau bisa beli buku yang banyak membahas mengenai hukum acara kayak hukum acara perdata oleh Yahaya Harahap juga hukum acara pidana adami chazawi yang lain juga bisa tapi kalau saya referensinya itu untuk buku yg lain sembarang aja yg penting related ke hukum. kalau masalah mood sih semuanya begitu tapi ingatlagi deh tujuan dan niat awal kenapa masuk ke parodi hukum biar semangat lagi jadi setiap kali down ingat lagi alasan2 tadi serta impian yang ingin dicapai dan juga ingat orang tua jadi ngk banyak buang waktu untuk hal2 yang kurang bermanfaat .. maaf telat balasnya jangan lupa main2 di Youtube saya .. makasih banyak..

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Hallo kak nama saya nita... Jadi gini kak dari sd sampe sma saya pengen banget ambil hukum karena dari dulu emang suka pelajaran tentang politik & negara gitu. Nilai ppkn saya pun dari kelas 1-3 SMA selalu A dan guru ppkn saya juga saranin buat ambil hukum...sekarang saya sudah kelas 3 kak dan bentar lagi kuliah tapi ortu dan kakak saya gak begitu suka saya ambil hukum alasannya karena saya cewek dan hukum itu susah dapet kerja mending ambil IT atau Ikom aja... Jadi sekarang saya bingung mesti gimana jujur dari dalam hati saya dari dulu pengen banget ambil juruasan hukum... Kalo persentasi dan berargumen pun saya lumayan bisa... Minta saran nya kak saya mesti lanjut ambil hukum atau enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nita sebelumnya makasih banyak ya sudah main ke blog saya .. cewek kalau masuk dunia hukum itu pasti cepat dapat kerjaan dan terus terang aja mentor pengacara saya juga wanita dan luar biasa bagus sekali .. sepenjang yg saya tau wanita kalau masuk dunia hukum itu bagus sekali dan insya Allah deh cepat dapat kerja dan juga semua teman2 saya yang kuliah hukum sama saya cepat dapat kerjaan kok.. ikutin kata hati aja karena kan Nita yang mau menjalani nanti kasih pengertian yang baik ke kakak sama orang tuanya tinggal nanti Nita membuktikan ke mereka kalau apa yang Nita pilih yang terbaik .. semangat ya ..

      Delete
  42. Hai kak mau tanya aku sebentar lagi mau lulus dan bingung mau jurusan apa,orang tua nyaranin masuk ilmu hukum tapi susah buat hafalan apalagi klo hafalan undang2 suka sih kalo disuruh debat gitu tapi takut klo masuk hukum jadi kacau :(

    ReplyDelete
  43. Hai kak mau tanya aku sebentar lagi mau lulus dan bingung mau jurusan apa,orang tua nyaranin masuk ilmu hukum tapi susah buat hafalan apalagi klo hafalan undang2 suka sih kalo disuruh debat gitu tapi takut klo masuk hukum jadi kacau :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Yan Cek aja di youtube ya jawabanya minggu ini kakak ada tanya jawab kuliah jurusan hukum sama Kakak Windra Simanjorang

      Delete
  44. Hi kak. Aku mau tnya. Aku ttahun ini punya rencana masuk universitas fakultas Hukum. Sebelumnya untuk ambil fakultas hukum butuh pertimbangan dn lama bngt aku berpikir. Krma ada fakultas lain yg jadi pilihan. Tapi ya akhirnya Hukum yang aku ambil. Tapi notabene nya aku itu anak IPA kak. Bahkan sekolahku sebelumnya bukan SMA atau SMK yang bebau IPS. Aku dulu anak perawat. Apa bisa kak masuk kuliah ambil jurusan HUKUM?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek aja jawabanya di youtube kakak minggu ini saya upload video kuliah jurusan hukum bersama Kakak Windra Simanjorang nanti dijawab pertanyaanya ..

      Delete
  45. Hy ka ,aku mau tanya
    Ia guru pkn pas aku SMA skrng gak suka masuk ka, otomatis aku gak jago d pkn nya tp orang tua nyarinin di jurusan hukum,ia aku suka si nonton berita tp bukan tentang politik tp kalau kaya tindak kriminal sama kecelakaan berasa itu sumber pengetahuan, point bagusnya saya kalau ada tugas sklh paling smngt sampe gk bisa tdr kalau blm ngrasa maksimal dan kelebihan saya adalah ketika menurut teman saa susah menghafal tp saya cepat dlm menghafal teori, tp hobi saya menyendiri ka saya gak terlalu suka debat ya meskipun saya bisa debat depan kelas tp tdk suka bnyk bicara dan tdk suka bertanya ia karena malu ,saya juga tdk terlalu mengerti tentang dunia politik , apakah saya bisa masuk jurusan hukum ka ? Saya mau tau pengalaman kaka pas kuliah apakah semua tmn d jurusan kaka semuanya pinter debat dan bertanya
    Apa ada yg kau saya malu malu gitu
    Saya skrng lg cb snmptn ka tp antara akuntansi dan hukum , jujur si gak suka matematika tp jago akuntan, apa dihukum juga ada matematika ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tokunima
      Semua bisa masuk jurusan hukum apapun latar belakang sekolah menengahnya.. banyak juga kok yang malu2 tapi tidak usah khawatir nanti ikut organisasi dan banyak bergaul.. kakak juga ngk suka politik tapi cukup tau aja untuk memperluas wawasan..ngk ada matematika dihukum kakak ambil hukum karena kakak benci sama matematika juga wkwkwkwkw.. main2 ke youtube kakak minggu ini ada bincang2 sama kakak windra simanjorang mengenai pengalaman kuliah jurusan hukum ..

      Delete
    2. Halo Tokunima
      Semua bisa masuk jurusan hukum apapun latar belakang sekolah menengahnya.. banyak juga kok yang malu2 tapi tidak usah khawatir nanti ikut organisasi dan banyak bergaul.. kakak juga ngk suka politik tapi cukup tau aja untuk memperluas wawasan..ngk ada matematika dihukum kakak ambil hukum karena kakak benci sama matematika juga wkwkwkwkw.. main2 ke youtube kakak minggu ini ada bincang2 sama kakak windra simanjorang mengenai pengalaman kuliah jurusan hukum ..

      Delete
  46. Kak katanya anak hukun banyak ngapal UU.
    Sebenarnya di hapalin atau setiap pelajaran ada UU nya jadi hapal sendirinya

    ReplyDelete
  47. tidak perlu di hafal nanti mati luh kalau hafal semua karena banyak .. jadi di baca aja nanti kalau sering di ulang dan di pelajari pasti ingat ..

    ReplyDelete
  48. Asallamualalaikum.siang ka Amir.boleh tanya.jadi gini aku suka pkn dan juga bahasa dan seni.aku dulu dapat beasiswa ilmu komunikasi dijakarta tapi enga aku ambil.aku tau pasion aku di komunikasi dan ingin jadi reporter,tapi makin kesini aku berfikir kalau jurusan komunikasi aku tidak punya banyak waktu.dua bulan pembukaan kuliah banyak tawaran untuk masuk jurusan hukum.tapi ada pertimbangan yang aku msh ragu lamannya kuliah dan pelajarannya apakah susah.menurut ka amir apa keputusan yang tepat untuk aku?aku suka bicara mengemukakan pendapat dan ikut organisasi sekolah juga aku cukup kritis orangnnya tapi aku mau masuk jurusan hukum ada alasan dan motivasi karna aku ingin membantu pihak"yang kurang beruntung di kasus hukum seperti yang terjadi di era ini.aku takut motivasi ini hanya keinginan ilusi sementara mohon pencerahannya.mf tanya banyak trmkshh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Febri Masalah lama kuliahnya jurusan Hukum itu tergantung kita masing2 kok, kalau memang sesuai dengan target cepat lulus paling 3,5 tahun sudah selesai kok .. materi2 di fakultas hukum itu menuruut aku pribadi tidak seberat di jurusan yang lain ya kayak di teknik dan jurusan lainya .. Karena disemester tiga dan seterusnya fokusnya belajar tentang hukum tidak ada meteri kuliah lain. Saya tidak bisa memberikan keputusan kepada Febri tetapi saya hanya memberikan pandangan ya, Kalau Febri passion emank di Komunikasi seharusnya tidak perlu merasa berat karena apapun rintanganya dianggap sebagai tantangan,,, tetapi balik lagi ke Febri ya..
      Dunia hukum emank perlu orang2 yang kritis dan mau membela orang2 tidak mampu tetapi sebagai penegak hukum juga perlu untuk kehidupan sendiri kan pastinya jadi banyak saya liat anak2 hukum yang idealis ketika kuliah tapi ketika terjun menjadi praktisi hukum orientasinya berubah ke materi, saya tidak menyalahkan ya individu tersebut tetapi emank tuntutan kehidupan dan juga berkaitan dengan isi perut..
      So kalau memang niatnya berjuang untuk masyarakat tidak mampu perkuat kehidupan financial dulu dengan usaha atau bisnis jadi maish bisa memelihara idealisme dan tujuan mulia untuk membela dan membantu masyarakat yang tidakk mampu.. Its ok tanya aja kalau maish kurang jelas ..Maaf lama baru balas a little bit busy with cases and business .. Good Luck Febri :)

      Delete
  49. Ka aku Indah mau nanya yaa kan aku baru berminat untuk masuk jurusan hukum tapi aku blom punya modal apa²karena aku bukan termasuk orang yang pintar aku hanya punya modal mudah bergaul dan sering berkomunikasi kepada siapa pun termasuk sama orang baru bisa ga si ka aku masuk jurusan hukum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk jurusan hukum tidak perlu pintar yang penting rajin membaca dan menganalisa perkembangan hukum terutama perubahanan perundang-undangan yang sering berubah dan tentunya juga rajin bertanya kalau dosen masuk kelas selebihnya ngk perlu kemampuan yang wow banget...itu satu modal yang bagus buat kamu kalau gampang bersosialisasi karena anak hukum itu harus bisa berkomunikasi dengan baik dan benar biar bisa menyampaikan ide dan gagasan.

      Delete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Kak mau tanya dong. Kalau di jurusan hukum, mata kuliah apa yang terkenal paling susah ? Kalau di jurusan psikologi kan ada mata kuliah psikometri yang terkenal angker, nah kalau di hukum bagaimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bagus ..mata kuliah yang paling angker di hukum apa ya ? mmmmmmmmmmmmmmmm kayaknya Hukum Tata Negara kali yak menurut saya karena saya tidak suka mata kuliah itu ha ha ha ha ngk suka hal2 yang berbau politik jadinya menurut saya itu susah apalagi pas di suruh buat rancangan PERDA itu mumetnya setengah mati ha ha ha ha.... kalau mata kuliah lainya sih standar aja kenapa karena Hukum itu ilmu pasti jadi ngk perlu ribet2 banget intinya rajin membaca dan mengananalisa akan membuat kuliah hukum kalian jadi lebih menyenangkan .. Good Luck ya Bagus jangan lupa main2 di Youtube Channel saya

      Delete
  52. Kak klo misalkan masuk hukum tuh, harus mahir bahasa Inggris?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak juga kecuali kamu nanti mau berkarir di corporate law itu baru wajib bisa bahasa inggris karena klienya kebanyakan orang luar ... atau juga kalau kamu mau kerja di perusahaan luar yang beroperasi di indonesia biasanya mereka mencari legal yang bisa bahasa inggris jadi kalau kamu bisa bahasa inggris itu nilai plus ..sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  53. hai kak , aku mau nanya nih. aku kan mau kuliah jurusan hukum , dan kata orang kalo hukum itu harus banyak inget" kaya spt pasal , UUD. memang nya spt itu yah kak ? aku agak sedikit takut kalo bidang aku bukan di jurusan hukum.tp orang tua suruh ambil hukum , gmna yah kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha tidak perlu hafal pasal2 kenapa karena pasal2 itu ratusan bahkan ribuan kalau kamu harus hafal semua mati kita wkwkwkwk jadi di baca dan dipelajarin aja nanti kalau sudah dapat perkara yg berhubungan dengan pasal tersebut lama2 jadi hafal juga.. kalau mau hafal juga bisa tetapi pasla2 yang umum aja kayak pencuria, narkoba, korupsi dan lainya,, jadi ngk usah takut saya juga tidak pernah hafal pasal2 kecuali yang umum terjadi di masyarakat ...
      kalau orang tua nyuruh ambil hukum di ikutin aja kalau memang sudah nyoba dan berbuat yang terbaik tetap ngk bisa2 semester 2 langsung ngomong ke orang tua dan ganti jurusan yang kamu suka.. sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  54. kak, cara belajar yang efektif buat anak hukum bagaimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. efektif itu kalau bisa memanimalisasi gangguan ya kayak hp, teman jahil atau situasi jadi ciptakan suasana yang nyaman buat kamu karena setiap orang punya cara yg berbeda dalam belajar terus kalau baca materi jangan dipaksakan sedikit dulu nanti kalau flownya sudah dapat itu bisa ditambah .. terus penggulangan sih biasanya bisa bikin cepat paham .. anak hukum itu harus jago 3 hal aja sih membaca, menganalisa, berargumen dan drafting itu biasanya sudah sangat cukup sekali untuk menjadi anak hukum yang sukses .. sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  55. Hay Kak boleh ga berbagii pengalaman waktu KK sidang skripsi ? Supaya aku bisa bljr dri pengalaman kaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu sidang skripsi sih pastinya grogi ya cuma karena aku sendiri yang buat skripsinya dan aku mengguasai setiap rumusan masalah yang aku buat jadi ketika sidang alhamdulillah bisa jawab semua, berdoa dan nguasai skripsi secara keseluruhan khususnya rumusan masalah. itu tips paling ampuh deh selebihnya nanti kamu bisa cek di youtube saya di judul skirpsi atau di sini juga ada di blog .. sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  56. Ka tahun ini insya Allah aku bakal lulus SMK jurusan teknik komputer jaringan / tkj tpi akhirnya nyesel salah msuk jurusan karna pelajrannya susah2 semua karna pd awalnya ikut2 tan temen si msuk tkj , trus aku niat mau ambil fakultas hukum, karna aku juga seneng berargument,debat dan presentasi walau ga bgus2 bgt tapi aku suka dan seneng juga nnton brita, aku pengennya kuliah smbil kerja biar bisa biayain kuliah sendiri, pertanyaannya kira2 sanggup ga yah ka sedngkan fisik aku mudah cpe dan suka skit kpala, bagi sarannya ? Pertnyaan kedua di mata kuliah hukum ada mapel mtk ga ka,fisika atau sejenisnya itung2 an ? Karna jujur aku tuh lemah bgt di mtk otak ku susah mencerna nya karna pd dasarnya juga tkut sm mtk, yg kedua lulusan fakultas hukum itu bisa bekerja di pemerintahan kan yah ka bahkan smpe jdi Pns? Maaf ka pertnyaannya byk mhon di jwab trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo ayani insya allah bisa kok saya juga dulu banyak teman2 yang ambil kuliah malam karena pagi mereka kerja atau sebaliknya kalau kamu mutusin kuliah sambil kerja ya emank harus jago di time management ya sama rutin olahraga biar ngk cepat sakit , pola makan juga diatur itu tipsnya kali yak..tidak ada hitungan atau matematika di hukum, saya juga ngk suka pelajaran itu wkwkwkwkw .. untuk pertanyaan terakhir coba di baca artike saya bagian 3 itu bisa menjawab pertanyaan ayani
      sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  57. Klo masuk kuliah fakultas hukum sambil kerja gimana kak... tetap bisa ngk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ambil kuliah malam atau sebaliknya .. kuat di management waktu aja sama rajin olahraga ataur pola makan bair stamina ngk cepat drop ...sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  58. Sedikit curhat nih, umur ane sekerang udh 21thn, ane baru bisa kuliah nih gan tahun ini, maklum ane bukan dr keluarga berada. Ane pengen sih masuk ilmu hukum. Cuman ane masih takut ketika lulus nanti ane sulit kerja di gan. Minta sarannya dong, atas keraguan ane ini hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baja lagi part 3 dari artikel ini untukk mendapatkan lebih banyak masukkan dan ide after kuliah jurusan hukum bisa kerja ngk ? https://merulaw.blogspot.com/2016/11/suka-duka-kuliah-jurusan-hukum-part-3.html
      sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  59. Masuk jurusan hukum itu banyak presentasi nya ya? Setiap beberapa pertemuan.. Oh ia dosen yg ngajar hukum itu enak ga si? Trus bikin skripsi itu gmna si? Udah ngebayangin aja bikin skripsi nya gmna :'(( kak tolong dong ceritain tentang anak jurusan hukum itu gmna :'(( bnyk omongan dri temen" jadi buat aku bingun dan setengah" :'(( butuh dorongan biar ga stngh"

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello ..sorry banget ya baru balas ..
      ok aku bantu jawab ya tapi nanti main2 ke youtube saya di sana banyak banget tips dan trik mengenai jurusan hukum.
      banyak hampir setiap pertemuan itu diharuskan persentasi terutama semseter menengah ke atas ya itu kebanyakanya persentasi dan studi kasus kalau dosen sih tergantung kampusnya ya kalau pengetahuan kakak sih menyenangkan aja yang ngeselin itu kalau dosenya tidak masuk aja ha ha ha ha .. bikin skripsi itu berat ha ha ha ngk lah gampang aja selama kamu kuliah dan belajar dengan baik dari semester awal kakak jamin deh skripsi itu gampang sekali, yang masalah itu kalau kamu malas2an pasti nanti skripsinya juga ngk kelar2 wkwkwkw ..... coab ceritakan seperti apa yang kamu dengar dari orang laing? anak hukum suka demo? atau apa?

      Delete
  60. ka aku lulus sma taun ini, aku anaknya suka bicara didepan orang, aku suka debat, dan aku bisa dibilang cepet dalam menyelesaikan masalah. tapi masalahnya aku males baca sekalipun baca juga pasti hal yang aku suka. nah menurut kaka gimana apakah aku harus ambil hukum atau ngga? tapi passion aku dibisnis ka,dan ntah kenapa dari kelas 12 aku pengen masuk hukum dan aku juga tertarik sama hal berbau politik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kamu ini seperti aku banget dulunya wkwkwk suka bisnis, paling suka baca buku bisnis dan pengembangan diri saja.. aku malah tidak suka dengan politik jadi jauh lebih berat tapi saya paksakan aja sih emank awalnya berat tapi semakin lama semakin enjoy dan suka didunia hukum challangenya tuh beda aja kita harus jauh lebih kritis, peka dan peduli serta analisis yang jauh lebih dalam terkait permasalahan2 yang ada dilingkungan kita atau masyarakat yg terkait dengan hukum ... ayo ambil hukum aja jangan ragu nanti insya allah Kakak mentoring kedepanya ,,keep in touch aja bisa email kakak langsung juga dan sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  61. sebanyak apa sih ka pelajaran yang mengharuskan kita baca? dan biasanya baca tuh tentang apa aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua materi kuliah hukum memerlukan kemampuan membaca jadi kalau kamu tidak suka membaca silahkan pikir2 lagi sebelum masuk ke jurusan hukum. bacaanya mulai dari materi kuliah itu sendiri, KUHP, KUHAP,KUHPPER , KUHAPER DAN PARATURAN PERUNDANG UNDANGAN LAINYA, buku2 literatur pendukung, artikel2 hukum, study kasus dan berita2 hukum dan sosial yang juga perlu update untuk memperkuat kemampuan analisis kalian .

      Delete
    2. sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  62. kak,aq smk nih udh klas12 jurusan admin perkantoran sih..ya tp niat aw mau masuk fakultas hukum bisa gk ya,klok kelebihan aq sih pinter buat naskah ,ngarang d buku trus kbnyakan nalar deh bisa gk ya kak masuk fakultas hukum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bnaget orang hukum itu malah harus jago drafting kalau ngk bisa drafting juga nanti bisa ribet sendiri, jaksa,pengacara, legal officer dan notaris itu semua perlu kemapuan drafting yang hebat, dalam proses perkuliahan kan ada materi kuliah tata usaha negara yang harus memerlukan kemampuan drafting juga yaitu merumuskan dan membuat peraturan perundang undangan jadi ngk usah takut ambil aja jurusan hukum ...
      jangan lupa main2 ke youtube saya ya ,,,sorry baru balas

      Delete