Thursday, December 15, 2016

Kapan Menikah ?

Namaku Meru umurku saat ini 30 Tahun, aku sering kali ditanya kapan menikah? Ha ha ha ha pertanyaan begini kadang membuatku sedih sekaligus tertawa, bukan hanya sekali atau dua kali bahkan sudah puluhan kali aku mendengar pertanyaan ini, bukan bermaksud tidak sopan tetapi menurut aku menikah itu bagian dari takdir Tuhan ada yang menikah Muda ada juga yang menikah di masa dewasa bahkan ada yang di masa Tua namun  ketika jodoh sudah menghampiri seberapapun usia pernikahan itu akan terjadi selain itu aku tidak mau seperti Ayahku yang menikah berkali-kali tetapi aku hanya ingin menikah sekali kecuali takdir berkata lain ha ha ha



Banyak orang yang juga sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk saling mengenal dan mencintai satu sama lain dalam satu hubungan namun karena bukan jodoh akhirnya harus merelakan hubungan itu berakhir dengan berbagai alasan. Bahkan ada yang hanya sekedar kenalan biasa kemudian menikah dan pernikahan yang dibina itu langgeng sampai maut memisahkan ha ha ha ko kayak lagu :)  contoh sederhananya orang tua saya dulu di jodohkan dan alhamdulillah sampai sekarang memiliki 5 anak dan anak terakhir beliau alias adik aku berumur 28 tahun jadi bayangkan sudah berapa lama mereka bersama padahal sebelumnya mereka tidak mengenal satu sama lain. 



Aku mengerti zaman telah berubah dan kita manusia berintraksi dengan cara yang jauh lebih berbeda saat ini kehadiran Internet dan alat komunikasi seperti Handphone menjadikan hidup ini tanpa batas, kita bisa menyaksikan dan mendengar apa yang terjadi di belahan bumi lain dalam hitungan detik seperti itulah kehidupan manusia, terutama dalam menjalin hubungan atau kata anak muda zaman sekarang “pacaran”. Banyak teman-teman aku yang memiliki pacar dari berbagai negara yang berbeda, menjalankan hubungan yang biasa disebut “long distance relationship” mereka biasanya memanfaatkan aplikasi Internet seperti Skype, Camfrog, Email, Facebook, Twitter dan berbagai media sosial lainya.

Ok. Kembali ketopik MENIKAH (ngk perlu huruf besar juga keles :P) Ini sih pandangan aku ya kalau dirimu tidak setuju jangan marah dan abaikan aja karena hidup ini adalah pilihan. Menurut aku menikah itu ketika :

Ø  Dewasa, bukan hanya sekedar jumlah angka dari umur kita tapi lebih ke arah cara berpikir, karena menikah itu bukan hanya sekedar hubungan intimnya tetapi bagaimana berjalan bersama membangun keluarga mengarungi hidup yang penuh godaan dan cobaan.. sstttt ha ha ha ha... Sikap menentukan segalanya, pasti sudah sering mendengar kalimat ini kan, menurut aku untuk menikah itu diperlukan sikap yang matang dalam artian bisa membaca situasi dan kondisi kapan dan bagaimana kita bertindak serta bereaksi terhadap sebuah masalah. Sikap yang matang dan pemikiran yang dewasa akan menjadikan kita lebih bijaksana dan sabar , didalam sebuah perkawinan kesabaran mutlak diperlukan khususnya menghadapi pasangan yang lebih muda memerlukan ekstra pengertian dan perhatian cuit cuit ha ha ha ha..... Maksud aku sabar disini adalah kemampuan menggelola emosi karena ketika kita tidak mampu menggelola emosi maka pasangan dan anak akan menjadi pelampiasan emosi.

Ø  Keuangan/Penghasilan stabil, bukan masalah punya banyak uang atau menjadi kaya baru menikah,  maksud aku adalah punya kondisi keuangan yang cukup karena ketika menikah berarti kita menambah tanggung jawab, Wanita itu keperluanya banyak beda dengan kita laki-laki belum lagi kalau sudah punya anak, kita sebagai laki-laki harus mempersiapkan sumber uang yang memenuhi kebutuhan Istri dan anak karena banyak sekali pertengkaran dan perceraian terjadi karena masalah uang kenapa aku bisa bilang begitu, dari pengalaman teman-teman yang menjadi pengacara dan menanggani perkara perceraian banyak masalah perceraian diawali dengan masalah keuangan.

Ø  Siap, apapun yang aku paparkan diatas kalau teman-teman merasa sudah siap untuk menikah just go head, kalau kita tidak mencoba kapan bisa belajarnya namun ketika memutuskan hal ini pastikan teman-teman sudah siap menghadapi berbagai kemungkinan masalah yang datang tetapi tidak usah khawatir semakin banyak masalah yang kita hadapi akan membuat kita semakin dewasa dan mengerti arti hidup .
Ya aku rasa itu pertimbangan-pertimbangan yang aku miliki kenapa sampai saat ini belum menikah dan satu lagi buat kamu yang suka nanya-nanya kapan menikah pleasee sekarang berhenti bertanya dan doakan yang terbaik buat kami yang masih single ini, kami mau menikah kok, kami juga ingin punya anak, istri dan keluarga yang bahagia Cuma kami butuh waktu, kami tidak sesiap kalian, kami terus berusaha dan berbuat yang terbaik sampai Tuhan mempertemukan kami dengan pasangan terbaik yang pantas menerima kami.

Menikah itu masalah pribadi jadi mengertilah tidak semua orang suka masalah pribadi mereka di pertanyakan, kita haya perlu mendoakan yang terbaik buat mereka dan mengoreksi kesalahan masing-masing .

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, jika kita mencari kesempurnaan tunggu sampai kita berada dibawah tanah dan bertemu dengan Tuhan maka milikilah jiwa pemaaf dan cinta kasih.

JANGAN LUPA MAMPIR KE YOUTUBE SAYA 👉👉AKU DI YOUTUBE

Meru
(Be Positive and Enjoy Life) 

No comments:

Post a Comment